Logo

Sejarah

Seiring dengan perkembangan zaman, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Barat berawal dari Kanwil Departemen Pertanian Provinsi NTB  yang secara langsung berada di bawah Departemen Republik Indonesia pada tahun 1999. Dalam proses penerapan Desentralisasi (Otonomi Daerah) terjadi perubahan Struktur Organisasi yang diberi nama Badan Usaha Ketahanan Pangan Daerah (BUKPD) yang berada di bawah Gubenur Nusa Tenggara Barat langsung pada periode antara tahun 2001-2010.

Dengan berselang waktu selama hampir 11 tahun perjalanan, BUKPD diubah menjadi Badan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 8 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Bappeda dan Lembaga Teknis Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebagai mana yang di cantumkan pada Bab II, Pasal 2 ayat 2 Nomor 3 dan Pasal 18 ayat 1 dan 2.

Peraturan ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat No 5 Tahun 2008 tentang pemerintahan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dengan menimbang pada Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2008 Tentang Pembagian Urusan Antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota dan Peraturan Pemerintahan No 41 Tahun 2007 Tentang Organisasi Perangkat Daerah, maka organisasi perangkat daerah perlu di lakukan penyesuaian, sehingga terbentuklah Badan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2010 dengan uraian tugas sesuai Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Barat No. 22  Tahun 2008 Tanggal 26 Agustus 2008 tentang Organisasi dan Tata  Kerja Inspektorat, Bappeda dan Lembaga Teknis Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Badan Ketahanan Pangan Provinsi NTB kemudian berubah menjadi Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat No. 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.