Logo

Kawasan Rumah Pangan Lestari - KRPL

Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan program pengembangan model rumah pangan yang dibangun dalam suatu kawasan (dusun, desa, kecamatan) dengan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga melalui penyediaan aneka sayur dan buah serta sumber protein hewani. Disamping itu pembangunan KRPL diharapkan mampu meningkatkan pendapatan keluarga sehingga dapat mengurangi biaya untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan meningkatkan biaya untuk pendidikan. KRPL juga dimaksudkan untuk membudayakan masyarakat mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA).

Pada Tahun 2014 dan 2015, Dinas Ketahanan Pangan yang saat itu masih Badan Ketahanan Pangan memberikan bantuan pada KRPL berupa penyaluran benih tanaman pekarangan dan Lomba Pemanfaatan Pekarangan.

Kelompok Penerima Bantuan Tanaman Pekarangan
Tahun 2014 dan 2015

No.

Tahun

Jumlah Kelompok Sasaran

1.

2014

20 Kelompok

2.

2015

10 Kelompok

3.

2016

 

4.

2017

 

5.

2018

 

6.

2019  

Dalam rangka memotivasi pelaku KRPL guna meningkatkan pemanfaatan pekarangan untuk pengembangan pangan diadakan Lomba Pemanfaatan Pekarangan yang bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan pengetahuan masyarakat/keluarga akan arti pentingnya pemanfaatan pekarangan dalam rangka melengkapi kebutuhan konsumsi pangan/penyediaan pangan sumber protein, vitamin dan mineral bagi masyarakat/keluarga.
  2. Mendorong dan membiasakan masyarakat/keluarga untuk memanfaatkan pekarangan bagi kebutuhan sehari-hari sesuai dengan potensi sumber daya yang ada.