Logo

Jenis Pelayanan

DESK LAYANAN INFORMASI PUBLIK

Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/pengguna informasi public, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi melalui desk layanan informasi public melakukan layanan langsung dan layanan melalui media antara lain menggunakan telepon/fax. Telp/Fax: 021 3452841; Email : bkp.ntb@gmail.com dan website : http://diskapang.ntbprov.go.id/

 

 

WAKTU PELAYANAN INFORMASI

Dalam memberikan layanan informasi kepada pemohon informasi PPID menetapkan waktu pemberian Pelayanan Informasi Publik. Di Kementerian Komunikasi dan Informatika penyelenggaraan Pelayanan Informasi Publik dilaksanakan pada hari kerja Senin sampai dengan Jumat, dengan ketentuan:

Senin s/d Kamis    Pukul 08.30 - 15.00

(Istirahat                  Pukul 12.00 - 13.00)

Jumat                       Pukul 08.30 - 16.00

(Istirahat                  Pukul 11.30 - 13.30)

 

 

MAKLUMAT PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

Kami berupaya memberikan Pelayanan Informasi Publik dengan sungguh-sungguh untuk dapat:

1. Memberikan pelayanan informasi yang cepat dan tepat waktu

2. Memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi publik yang diperlukan

 3. Menyediakan dan memberika informasi publik yang akurat, benar dan tidak menyesatkan

 4. Menyediakan daftar informasi publik untuk informasi yang wajib disediakan dan umum

 5. Merespon dengan cepat permintaan informasi dan keberatan atas informasi publik yang disampaikan baik secara langsung maupun melalui media

 6. Menyiapkan petugas informasi yang berdedikasi dan siap melayani

 7. Melakukan pengawasan internal dan evaluasi kinerja pelaksana

 

 

JENIS PELAYANAN DAN KELOMPOK SASARAN

No.

BIdang

Jenis Pelayanan

Kelompok Sasaran

1.

Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan

Pelayanan Ketersediaan Pangan

1.   Menyusun sistem informasi ketersediaan pangan

 

 

 

2.   Mengkaji ketersediaan dan kebutuhan pangan

     

3. Kondisi ketersediaan pangan di daerah-daerah sentra produksi pangan, distributor, RPH/RPA, penggilingan yang mudah diakses oleh provinsi, kabupaten/kota jika terjadi gejolak harga dan pasokan

 

 

Pelayanan Penanganan Kerawanan Pangan

1.   Penyediaan data dan informasi tentang situasi pangan dan gizi kabupaten/kota

 

 

 

2.   Pengembangan Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG)

 

 

 

3.   Penanggulangan kerawanan pangan melalui intervensi bantuan sosial berdasarkan hasil invenstigasi Tim SKPG

     

4. Menyusun Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan 

2.

Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan

Pelayanan Dasar Distribusi dan Cadangan Pangan

1.   Pengembangan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM)

 

 

 

2.   Melakukan pengumpulan data/ informasi dan menganalisis harga, distribusi dan akses pangan

 

 

 

3.   Melakukan pengumpulan data dan pemantauan harga, pasokan pangan, akses pangan, kendala distribusi pangan, kondisi sarana dan prasarana kelancaran distribusi pangan

 

 

 

4.   Menyediakan informasi yang mencakup:

 

 

 

a.   Kondisi harga pangan ditingkat produsen dan konsumen dimasing-masing kabupaten/kota (harian/mingguan/bulanan)

 

 

 

b.   Kondisi iklim yang dapat mengganggu kelancaran distribusi pangan

 

 

 

c.   Kondisi sarana dan prasarana transportasi yang mendukung kelancaran distribusi pangan antar provinsi atau kabupaten/kota

 

 

 

d.   Bulan-bulan yang sering terjadi hambatan pasokan pangan, akses pangan di wilayah-wilayah (daerah terpencil, kepulauan, dll)

 

 

 

d.   Bulan-bulan panen produksi pangan di daerah terpencil, kepulauan, dll

 

 

 

e.   Kondisi jalur distribusi pangan dan daerah sentra produsen ke konsumen

   

Pelayanan Dasar Cadangan Pangan

1. Informasi kondisi cadangan pangan di masing-masing kabupaten/kota (daerah kepulauan, daerah terpencil)

     

2. pengembangan cadangan pangan pemerintah

     

3. masyarakat non sentra produksi pangan

3.

Bidang Konsumsi Pangan dan Keamanan Pangan

Pelayanan Konsumsi Pangan

1.   Sosialisasi dan apresiasi penanganan keamanan pangan penyusunan dan pemantapan Dokumen Sistem Keamanan Pangan. Dengan sasaran pelaku usaha

 

 

 

2.   Workshop penanganan keamanan pangan segar. Dengan kelompok sasaran pelaku usaha

 

 

 

3.   Informasi Pola Konsumsi Pangan Masyarakat

   

Pelayanan Keamanan Pangan

1. Pembinaan keamanan pangan, kepada pelaku usaha

     

2. Sosialisasi dan apresiasi penanganan keamanan pangan penyusunan dan pemantapan Dokumen Sistem Keamanan Pangan. Dengan sasaran pelaku usaha

     

3. Pemantauan keamanan pangan segar

     

 4.  Melakukan sertifikasi dan pelabelan prima wilayah provinsi

4.

UPTD BPMKP

Pelayanan  Teknis Keamanan Pangan

1.   Uji Sertifikasi dan pelabelan pangan, pada pelaku usaha

 

 

 

2.   Pengawasan penanganan keamanan pangan pada pelaku usaha

 

 

 

3.   Penyuluhan keamanan pangan, dalam rangka peningkatan pengetahuan dan pemahaman terhadap keamanan pangan bagi murid sekolah dasar

 

 

 

4.   Pembinaan/pelatihan keamanan pangan pada penjual jajanan anak sekolah dalam rangka peningkatan pengetahuan dan pemahaman terhadap keamanan pangan

 

 

 

5.   Pembinaan mutu dan keamanan produk pabrikan skala kecil/rumah tangga pada kelompok produsen

 

 

 

6.   Pembinaan penerapan standar Batas Minimum Residu (BMR) wilayah provinsi