Logo
images

UPTD BPMKP DINAS KETAHANAN PANGAN NTB MENGHADIRI SOSIALISASI SERTIFIKASI MUTU DAN KEAMANAN PANGAN SEGAR ASAL TUMBUHAN

Rabu, 15 April 2024, Tim UPTD Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB diundang sebagai narasumber dalam acara Sosialisasi Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) di Kabupaten Lombok Utara. Acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan penerbitan Sertifikat Prima-3 serta tugas dan fungsi pengawasan keamanan pangan segar, baik sebelum diedarkan maupun saat berada di peredaran.

Acara ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pembinaan oleh lembaga pengawasan keamanan pangan yang kredibel, yaitu Otoritas Keamanan Pangan Daerah (OKKPD). OKKPD merupakan lembaga yang dibentuk di daerah untuk menjalankan sistem manajemen keamanan pangan, memastikan bahwa produk pangan segar yang beredar memenuhi standar keamanan yang ditetapkan.

Salah satu agenda penting dalam kegiatan ini adalah inventarisasi kelompok tani yang memproduksi buah dan sayur segar di Kabupaten Lombok Utara. Inventarisasi ini bertujuan untuk mendorong kelompok tani agar segera mengusulkan produk mereka untuk disertifikasi, sebagai langkah awal dalam memperoleh Sertifikat Prima-3.

Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah Ibu Yenny Wahyuni, SP. MM, Kepala Subbagian Tata Usaha dan juga sebagai Plt. Kepala Seksi Pengujian Mutu Pangan, serta Ibu Ir. I Dewa Ayu Tri Sandhiarti, M.Si. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lombok Utara, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kabupaten Lombok Utara, Koordinator Pangan, Kepala UPT (BPP) Dinas Pertanian se-Kabupaten Lombok Utara, serta kelompok tani hortikultura di Kabupaten Lombok Utara.

Dalam pertemuan ini, semua pihak yang hadir berkomitmen untuk mengusulkan produk-produk mereka untuk disertifikasi. Langkah ini akan ditindaklanjuti sebagai upaya awal dalam mendapatkan Sertifikat Prima-3, yang merupakan tanda bahwa produk pangan segar telah memenuhi standar keamanan dan mutu yang ditetapkan oleh otoritas berwenang.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para pelaku usaha tani di Kabupaten Lombok Utara dapat lebih memahami pentingnya sertifikasi dan pengawasan keamanan pangan, serta dapat meningkatkan kualitas dan daya saing produk pangan segar di pasar lokal maupun nasional.


TAG

Dipost Oleh Humas Ketahanan Pangan NTB

Humas Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB

Tinggalkan Komentar