Logo
images

Pembinaan LPM di Desa Banyumulek, Desa Beleke, Desa Jembatan Kembar dan Desa Gerung

Kelompok LPM (Lumbung Pangan Masyarakat) adalah kelembagaan cadangan pangan yang dibentuk oleh masyarakat desa/kota dan dikelola secara berkelompok.
Tujuan dari kegiatan Pengembangan LPM adalah untuk meningkatkan cadangan pangan yang dikelola masyarakat melalui pemberdayaan kelembagaan LPM secara berkelanjutan melalui peningkatan volume cadangan pangan kelompok untuk menjamin akses dan kecukupan pangan bagi anggotanya. Serta meningkatkan modal kelompok melalui pengembangan usaha ekonomi produktif di bidang pangan.
.
Pembinaan LPM di Provinsi NTB melalui 3 tahap, yaitu tahap penumbuhan (melalui pembangunan fisik lumbung DAK), tahap pengembangan (melalui pengisian cadangan pangan), dan tahap kemandirian (melalui penguatan kelembagaan untuk memperoleh nilai tambah).
.
Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB melaksanakan pembinaan ke 4 LPM yg memiliki tingkat keaktifan Poktan yang bervariasi di Kabupaten Lombok Barat (12/10/21).
Salah satunya di Desa Banyumulek, Desa Beleke, Desa Jembatan Kembar dan Desa Gerung. Di lokasi ini ditemukan bahwa ada beberapa LPM yang masih aktif dan memiliki perkembangan yang signifikan namun ada juga LPM yang mati suri karena beberapa faktor.
YouTube : Dinas Ketahanan Pangan NTB
Facebook : Dinas Ketahanan Pangan NTB
Instagram : @ketahananpanganntb
Twitter : @bkpntb

TAG

Dipost Oleh Humas Ketahanan Pangan NTB

Humas Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB

Tinggalkan Komentar